Panduan Bisnis: Empat Sikap Utama Untuk Sukses Berwirausaha

Hari ini, saya gregetan melihat seorang pemuda yang datang pada saya hari ini, mengeluh bahwa produknya tidak laku dipasaran.

Lalu aku tanya, mengapa gak laku?
Dia bilang: ini nih, karena daya beli masyarakat menurun, pemerintah tidak mendukung, saingan tidak sehat, bla…bla…bla…dan beberapa alasan lain.

Gini bos, kalau kamu mau sukses berwirausaha, setidaknya kamu harus pegang 4 sikap ini.

1. Faktor “saya”: artinya ambil semua tanggung jawab kegagalan dan keberhasilan itu karena “SAYA”. Jika gagal, tanyakan pada dirimu,”apa yg sudah saya lakukan? Apa yang harus saya perbaiki?”
Jangan mencari alasan kegagalan dari luar diri sendiri! Itu PENTING!

2. Tentukan target yang jelas yang harus dicapai. Bidik dengan konsisten dan catatlah…. Misalnya, bulan ini harus laku 120 unit. Lakukan semua usaha untuk mengejar target itu. Pecah-pecahlah target itu menjadi kecil-kecil, misalnya, jika sebulan 120 unit, artinya target harian HANYA 4 unit.

3. Flexible-lah dengan strategi dan cara. Jangan memaksakan sebuah cara, jika sepertinya cara itu kurang berhasil. Coba banyak strategi. Flexibel-lah….
Jika satu cara gagal, maka artinya kamu berhasil menemukan 1 cara yg pasti tidak berhasil. Belajarlah tiada henti. Banyak mendengarkan. Gunakan cara lain. Kita tidak mungkin mengharapkan hasil yang berbeda jika masih menggunakan cara berpikir dan cara bertindak yang sama.

4. Jangan berperang. Rangkullah sebanyak mungkin orang. baik itu calon pasar, distributor, suplier, bahkan pesaing. Bersinergilah. Iya, bersinergilah. Percaya atau tidak, dengan pola “merangkul” kamu tidak hanya bisa sukses secara finansial, bahkan bonusnya kamu akan lebih bahagia. Jadikan bisnis sebagai wahana untuk ajang membangun jaringan persaudaraan dan kerjasama saling menguntungkan. Tinggalkan perdebatan dan permusuhan. Tinggalkan sikap “SENANG LIHAT ORANG SUSAH, dan SUSAH LIHAT ORANG SENANG”
Jika Pesaingmu lebih laku, pelajarilah…..bukan iri dan di “sinis”.

Intinya: Dari pada NGIRI, mending NGANAN deh…

Oke, itulah 4 sikap penting yang harus dimiliki untuk bisa cepat meraih sukses. Jadilah pejuang, JANGAN CENGENG!

Semoga bermanfaat…..

Sumber:http://kampungwirausaha.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s