Miliarder Termuda di Dunia

Oleh Brian Solomon | Forbes

Ada 1426 miliarder di dunia pada tahun ini. Mereka merupakan orang terkaya di antara yang kaya. Namun, hanya 23 orang dari daftar kelas atas tersebut yang berusia di bawah 40 tahun, dengan kombinasi menarik dari uang dan kemudaan.

Sebanyak 23 orang tersebut memiliki total uang sebesar $68 miliar (sekitar Rp657 triliun). Delapan di antaranya berasal dari sektor teknologi, termasuk empat orang dari raksasa jejaring sosial Facebook.

Sembilan di antaranya berasal dari Amerika Serikat, sisanya dari luar negeri. Tiga orang merupakan pendatang baru dalam peringkat miliarder. Baca daftar lengkapnya di bawah ini (berurutan mulai dari yang paling muda ke yang paling tua).

No. 1: Dustin Moskovitz
Usia: 28
Nilai kekayaan: $3,8 miliar (sekitar Rp36,7 triliun)

Moskovitz, mantan teman sekamar Mark Zuckerberg, sudah tidak bekerja lagi di Facebook, situs jejaring sosial raksasa yang didirikan bersamanya. Ikut dalam amal Bill Gates dan Warren Buffett, Giving Pledge, Moskovitz mengendarai sepeda ke tempat kerja, terbang dengan penerbangan komersial, dan membangun kemah sendiri di Burning Man.

No. 2: Mark Zuckerberg
Usia: 28
Nilai kekayaan: $13,3 miliar (sekitar Rp128,5 triliun)

Tidak ada CEO yang diperhatikan media lebih dari Zuckerberg (yang hanya 8 hari lebih tua dari Moskovitz). Sejak melepas saham Facebook ke publik pada Mei 2012, dan menikah beberapa hari kemudian, miliarder itu melihat nilai kekayaannya naik dan jatuh dengan setiap fluktuasi harga saham.

No. 3: Albert von Thurn und Taxis
Usia: 29
Nilai kekayaan: $1,5 miliar (sekitar Rp14,4 trilun)

Albert von Thurn und Taxis pertama kali muncul dalam peringkat miliarder Forbes pada usia 8 tahun, namun secara resmi mewarisi kekayaannya pada 2001, saat hari ulangtahunnya yang ke-18. Dia juga merupakan pengemudi mobil balap dan tur dengan liga balap mobil Jerman.

No. 4: Scott Duncan
Usia: 30
Nilai kekayaan: $5,1 miliar (sekitar Rp49,2 triliun)

Duncan merupakan anak bungsu dari empat bersaudara yang mewarisi kekayaan besar dari mendiang ayahnya, pengusaha pipa penyalur energi Dan Duncan, pendiri Enterprise Products Partners. Saat ini, perusahaan itu memiliki lebih dari 50.000 mil gas alam, minyak, dan jalur pipa petrokimia.

No. 5: Eduardo Saverin
Usia: 30
Nilai kekayaan: $2,2 miliar (sekitar Rp21,2 triliun)

Salah satu pendiri Facebook, Saverin meninggalkan kewarganegaraan Amerika Serikat pada 2011, berita yang merebak beberapa hari sebelum IPO Facebook dan memunculkan tuduhan penggelapan pajak. Saverin, diabadikan dalam “The Social Network” sebagai mantan sahabat Mark Zuckerberg, menyelesaikan pertempuran hukum yang panjang dengan Facebook, dan menerima saham sebesar 5 persen. Dia sekarang tinggal di Singapura dan berinvestasi di perangkat lunak.

No. 6: Huiyan Yang
Usia: 31
Nilai kekayaan: $5,7 miliar (sekitar Rp55 triliun)

Yang, putri dari pendiri developer rumah mewah Holdings Country Garden, merupakan perempuan terkaya di Cina. Ayahnya mengalihkan sahamnya ke perempuan lulusan Ohio State itu sebelum IPO perusahaan pada 2007.

No. 7: Fahd Hariri
Usia: 32
Nilai kekayaan: $1,35 miliar (sekitar Rp13 triliun)

Fahd Hariri adalah putra bungsu mendiang PM Lebanon Rafik Hariri. Dia lulus dari Ecole Speciale d’Architecture de Paris pada 2004. Semasa mahasiswa, dia menjalankan sebuah studio desain interior di pinggiran kota, dan menjual furnitur untuk klien di Arab Saudi.

No. 8: Marie Besnier Beauvalot
Usia: 32
Nilai kekayaan: $1,5 miliar (sekitar Rp14,4 triliun)

Marie, bersama dengan saudara kandungnya Emmanuel (42) dan Jean-Michel (45), mewarisi raksasa susu Prancis Lactalis, produsen populer keju brie Président selain ratusan merek keju, susu dan yogurt lainnya.

No. 9: Sean Parker
Usia: 33
Nilai kekayaan: $2 miliar (sekitar Rp19,3 triliun)

Parker merombak promosi permulaan Airtime, dengan harapan bahwa situs percakapan video itu akan memiliki dampak bagi perusahaan Web yang lainnya. Pada usia 19 tahun, Parker melewatkan perguruan tinggi untuk mengacaukan industri rekaman dengan situs pertukaran musik Napster. Dia menjabat sebagai presiden pertama Facebook pada usia 24.

No. 10: Ayman Hariri
Usia: 34
Nilai kekayaan: $1,35 miliar (sekitar Rp13 triliun)

Hariri merupakan putra mendiang PM Lebanon Rafik Hariri. Dia terlibat dalam menjalankan Saudi Oger, salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Arab Saudi, dan sumber kekayaan keluarga Hariri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s