Pembocor Dokumen Amerika Lari ke Rusia?

Pembocor Dokumen Amerika Lari ke Rusia?

Edward Snowden, seorang analis intelijen Amerika Serikat berusia 29 tahun, telah mengungkapkan dirinya sebagai sumber yang mengungkapkan telepon rahasia pemerintah Ameriksa Serikat dan program pengawasan internet. AP/The Guardian

TEMPO.CO , Hong Kong:Edward Snowden, pembocor data operasi penyadapan yang dilakukan pemerintah Amerika, lari ke Rusia. Sebelumnya ia yang tengah buron, berada di Hong Kong selama hampir dua minggu.

“Snowden telah pergi dari Hong Kong ke negara lain,” sebut pernyataan resmi Pemerintah Hong Kong kepada The South China Morning Post, Ahad, 23 Juni 2013, waktu setempat. Sumber media itu menyatakan, Snowden dipercaya lari ke Moskow, Rusia.

Pemerintah Amerika Serikat akhir pekan ini melayangkan surat pada Pemerintah Hong Kong. Mereka meminta agar Snowden diesktradisi. Namun Hong Kong menolak karena surat itu dianggap tak memenuhi persyaratan lengkap sesuai hukum di negara itu.

Snowden meninggalkan Amerika Serikat setelah membocorkan data tempatnya bekerja National Security Agency (NSA). Menurutnya, lembaga itu telah melakukan program penyadapan terhadap publik. Ia menyampaikan hal itu pada The Guardian dan Washington Post.

Ia diburu karena dianggap membocorkan rahasia negara serta dianggap melakukan kontak secara ilegal dengan negara lain perihal rahasia itu. Ia diancam penjara 10 tahun bila ditangkap.

Belum jelas akan ke mana pelarian Snowden berakhir.Ia dikabarkan akan mencari suaka di Islandia atau Ekuador. Namun media-media Rusia juga menambah spekulasi bahwa Snowden akan melanjutkan perjalannya ke Kuba.

Situs pembocor data yang terkenal, Wikileaks pun buka suara. Mereka menyatakan siap mencarikan suaka bagi Snowden di sebuah negara yang berpaham demokrasi.

dikutip :tempo.co

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s