GA 207 pakai bahasa Jawa, Ratu Keraton Yogya salut pada pilot

ga-207-pakai-bahasa-jawa-ratu-keraton-yogya-salut-pada-pilot

MERDEKA.COM. Ada yang berbeda dengan penerbangan Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 207 rute Yogyakarta-Jakarta pada Rabu (26/2) lalu. Pesawat terbang dari Yogyakarta pukul 12.15 dan selama penerbangan, awak pesawat mengumumkan situasi penerbangan dalam bahasa Jawa. Begitu pula saat akan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta.

“Bapak Ibu lan sederek ingkang minulyo. Sugeng rawuh wonten bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sakmeniko pukul 13.30. Dipun aturi pinarak, lan kapurih mboten nggesangaken HP ngantos panjenengan medal saking pesawat. Mugi pinanggih malih sanes wekdal mawi pesawat Garuda.”

Pengumuman dengan bahasa Jawa sepanjang perjalanan ini pun membuat decak kagum penumpang. Salah satu penumpang dalam penerbangan itu adalah Wakil Ketua DPD yang juga permaisuri Sri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Hemas. Dia menyampaikan pujian atas pesan bahasa Jawa selama penerbangan.

Menurut GKR Hemas, pengumuman dengan bahasa Jawa merupakan kreativitas yang mengagumkan dalam situasi semua daerah mengeluhkan makin berkurangnya penggunaan bahasa daerah oleh penduduk setempat. Cara ini bila terus dikembangkan dan ditingkatkan Garuda dapat menggairahkan kembali penggunaan bahasa daerah yang berarti memperkuat kebhinekaan Indonesia.
“Misalnya, dengan selalu menggunakan bahasa daerah dari mana pesawat itu berangkat serta daerah tujuannya. Ini bukan hanya unik, gagasan yang segar dan cemerlang, mempunyai daya jual tinggi, tapi juga Garuda telah menerapkan tujuan utama filosofisnya, menyatukan dan membanggakan Indonesia,” ujar GKR Hemas.

“Saya salut pada pilot yang bersangkutan dan pada Garuda yang sangat inovatif dan membuat terobosan yang berharga bagi bangsa dan negara. Semoga terus berlanjut dan dikembangkan di seluruh daerah,” tegasnya lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s