Tips&Trik kesehatan

Lindungi jantung anda dengan Brokoli

BROKOLI merangsang tubuh memproduksi protein yang disebut thioredoxin yang mampu melindungi jantung dari sel-sel perusak.

Para peneliti Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa mengonsumsi brokoli banyak memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Salah satu di antara manfaat positifnya adalah melindungi jantung dari sel-sel perusak.

Profesor Dipak Das dari Universitas Connecticut menjelaskan bahwa di dalam brokoli terkandung zat sulforaphane yang efektif untuk mencegah kerusakan pada jantung. Selain itu, brokoli juga merangsang tubuh memproduksi sebuah protein yang disebut thioredoxin. Zat ini juga berfungsi melindungi jantung dari sel-sel perusak.

Dia menambahkan, proses memasak brokoli sebaiknya direbus agar zat-zat di dalamnya efektif dan tak hilang. Dengan direbus, zat-zat itu akan beraksi lebih cepat dalam tubuh. “Jika brokoli dimasak dengan suhu panas berlebihan, akan mengurangi efektivitas zat-zat yang terkandung di dalamnya,” jelas Dipak Das.

Banyaknya hal positif dengan mengonsumsi brokoli membuat para peneliti mulai tertarik melakukan riset terhadap beberapa jenis sayuran sejenis, seperti kol dan taoge. Sebab, dua jenis sayuran itu juga memiliki zat-zat yang mampu melindungi jantung dari berbagai gangguan kesehatan.

“Hal ini semakin menguatkan penelitian sebelumnya yang mengungkapkan bahwa memakan lima jenis buah-buahan dan sayuran berbeda dalam sehari bisa mengurangi risiko serangan jantung koroner. Brokoli bisa direkomendasikan sebagai salah satu sayuran yang dikonsumsi setiap hari, “jelas June Davidson dari Yayasan Jantung Inggris.

Davidson menambahkan, dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, tubuh akan banyak mendapat asupan kombinasi vitamin dan mineral. “Jadi, semakin bervariasi mengonsumsi buah- buahan dan sayuran, semakin banyak keuntungan yang diperoleh tubuh,” tandas June Davidson.

Selain itu, sayuran dan buahbuahan berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mengikis berbagai radikal bebas. Keberadaan radikal bebas di dalam tubuh berbahaya karena memicu timbulnya kanker.

Biasanya, saat usia semakin tua maka keberadaan radikal bebas dalam tubuh juga meningkat karena kondisi lingkungan yang buruk. Jadi, mengonsumsi sayuran dan buah- buahan jangan terbatas bagi anak-anak, juga bagi semua umur.

Kesimpulan tentang besarnya manfaat brokoli bagi kesehatan jantung diperoleh dari penelitian terhadap pola makan tikus. Peneliti AS membagi dua kelompok tikus, yang diberi makan brokoli dan makanan lain selama sebulan.

Hasilnya, fungsi jantung tikus yang diberi makan brokoli lebih baik dan terhindar dari kerusakan saat memompa oksigen. Para peneliti berkesimpulan jika brokoli efektif melindungi jantung tikus, itu akan efektif pada manusia. Sebab, jantung dan sistem tubuh tikus mirip manusia. Bahkan, brokoli juga dipercaya mampu mencegah kanker pada manusia.

Sayuran dan buah- buahan selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, juga mampu membuat masakan menjadi lebih memikat, misalnya seledri yang sering digunakan untuk memberikan aroma menyegarkan bagi masakan. Beberapa masakan yang sering menggunakan seledri, antara lain sup dan rebusan sayuran.

Di Inggris, seledri begitu populer karena hampir 120 juta orang di sana mengonsumsinya setiap tahun. Para peneliti Jepang mengungkapkan, seledri bisa memberikan manfaat untuk menambah daya tarik makanan karena mengandung tiga jenis zat kimia.

Kikue Kubota dari Perusahaan T Hasegawa dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyatakan, salah satu zat kimia yang bisa membuat makanan lebih berselera adalah phthalides. Zat itu keluar saat seledri direbus dalam waktu dan suhu yang tepat.

By Henry Santoso

Semakin Cantik dengan Bibir Sehat

Bibir adalah bagian dari tubuh yang sangat indah. Ia membantu kita makan, bicara, tersenyum, dan terlihat marah (bersama dengan ekspresi wajah). Sangatbanyak orang, khususnyamuslimah, yang selalu memperhatikan keindahan bibir, akan tetapi jarang yang memperhatikan kesehatan bibir. Perlu diketahui, bibir Anda mencerminkan kesehatan tubuh Anda, maka hindari beberapa hal berikut ini :
1. Sinar Matahari
Untuk melindungi bibir dari sinar matahari, selalu gunakan lip balm yang mengandung tabir surya, baik itu di tempat panas atau pun di tempat dingin seperti daerah pegunungan.
2. Membasahi Bibir
Meskipun udara dingin bisa membuat bibir kering, membasahi bibir dengan lidah hanya akan membuatnya semakin kering. Sayangnya hal ini sering kita lakukan tanpa sadar. Setiap kali kita membahasi bibir dengan lidah, air liur yang menempel di permukaan bibir akan menguap dan pelembab alami yang diproduksi bibir ikut terbawa. Hasilnya, bibir kita akan semakin kering dan kering.
3. Menggigit Bibir
Menggigit-gigit bibir sama buruknya dengan membasahi bibir. Ini juga sering menjadi kebiasaan, jika Anda ingin memiliki bibir yang sehat, hentikanlah kebiasaan ini. Selain membuat bibir menjadi kering, menggigit bibir juga membuat lapisan kulit terkelupas. Jika Anda merasa tidak bisa mengubah kebiasaan ini, oleskan pelembab bibir sesering mungkin.
Adapun tips untuk menjaga kesehatan dan keindahan bibiradalah sebagai berikut : 1. Oleskan Madu
Salah satu cara untuk menjaga kelembaban bibir adalah dengan mengoleskan madu. Madu adalah kandungan utama yang terdapat dalam lip balm. Menjelang tidur, oleskan madu pada permukaan bibir untuk membantu menjaga kelembaban alaminya.
2. Minum AirMineral Minimal Dua Liter Sehari
Jika kita dehidrasi, bibir adalah bagian tubuh yang pertama kali menunjukkannya.
3. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran
Hal ini bisa membantu meningkatkan kadar vitamin dalam tubuh, menyehatkan kulit, termasuk bibir.
4. Jangan Minum Alkohol
Alkohol bisa membuat tubuh dehidrasi, otomatis membuat bibir ikut menjadi kering.
5. Berhenti Merokok
Bahan kimia dalam rokok meninggalkan warna hitam pada bibir. Jadi, jika Anda ingin memiliki bibir yang sehat, ini bisa menjadi alasan untuk berhenti merokok.

By Henry Santoso •

Tips Menjaga mata Neter

Tahukah anda, pengguna komputer tidak mengedipkan mata sesering mata normal. Akibatnya mata anda akan mengalami iritasi seperti menjadi kering, berair, pandangan kabur dan sebagainya. Untuk mengatasi gejala-gejala tersebut, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan.

Gunakan obat tetes mata. Tetapi sebelumnya sebaiknya anda ikuti petunjuk yang tertera pada obat tersebut atau konsultasikan dengan dokter mata. Bila anda duduk di dekat AC atau kipas angin sebaiknya coba kurangi aliran udara yang melewati mata.

Bila memungkinkan sebaiknya anda hindari tempat yang mempunyai kelembaban rendah atau banyak asap. Konsentrasikan mata untuk mengedip kapan saja anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan tadi. Saat anda mengalami gejala-gejala di atas sebaiknya putar-putarkan mata di balik mata yang tertutup. Lalu pejamkan mata erat-erat dan pegang dengan telapak tangan dan hitung hingga 10 detik.

Jika mata anda lelah akibat terlalu lama bekerja di depan komputer sebaiknya anda uapi mata dengan ramuan sendiri. Ambil wadah yang agak lebar lalu masukkan beberapa lembar daun sirih lalu siram dengan air panas. Tundukkan wajah tepat di atas wadah tersebut. Telah terbukti uap air sirih dapat menyembuhkan pedih dan gatal pada mata. Selamat mencoba.

By Henry Santoso

Khasiat gren tea

Dapat membantu pertumbuhan sel kangker kulit, tapi selain itu masih banyak lagi manfaat teh hijau di antaranya.

¤. Membantu membakar lemak. teh hijau dapat mem percepat tingkat metabolisme karena pengaruh antioksidan yang membantu liver berfungsi lebih efektif.

¤. Mencegah penyakit jantung. Pembekuan throbosis yang abnormal dapat menyebabkan serangan jantung dan struk, dan teh hijau terbekti mencegah pembekuan lebih efektif.

¤.MEMBANTU MENURUNKAN TEKANAN DARAH. Obat hiperten si terkenal dikenal sebagai ACE inhibitor dimana teh hijau merupakan inhibitor ACE alami, dan penelitian membuktikan tekanan darah tinggi menurun setelah diberi teh hijau secara extra.

¤.MEMBANTU MELINDUNGI DARI DIABETES. Polyphenol dari teh hijau menghalangi amylase sehingga membantu menurunkan tingkat gula darah.

¤.MENCEGAH KERACUNAN MAKAN. karena teh hijau dikenal sebagai pembunuh bakteri. minum teh hijau dapat menurunkan resiko keracunan akibat bakteri.

¤.MENCEGAH BAU MULUT. Minum teh hijau dapat membantu membunuh bakteri dimulut penyebab bau mulut.

¤.MELINDUNGI DARI HEPATITIS. Teh hijau terbukti dapat menurunkan tingkat zat besi di seluruh tubuh yang berpengaruh langsung untuk melindungi hepatitis.

¤.MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH. Dari penelitian, berkumur teh hijau dapat meningka katkan kekebalan terhadap influenza dan flu. kimiawi teh hijau juga dapat merangsang sel gammadelta T yang mendukung kekebalan terhadap bakteri dan Virus.

By Henry Santoso

Kurus Tak Berarti Aman dari Risiko Sakit Jantung

Memiliki tubuh yang kurus tidak serta merta membuat seseorang memiliki kadar kolesterol yang rendah da berisiko lebih kecil mengidap penyakit pembuluh darah dan jantung (kardiovaskular). Seseorang yang bertubuh kurus, apabila memiliki riwayat kadar kolesterol tinggi dalam keluarga, tetap memiliki risiko lebih besar mengalami penyakit jantung.

Seperti diungkapkan spesialis penyakit dalam dari Brawijaya Clinic Jakarta dr. Dedy Sudrajat Sp.PD, Kamis (6/12/2012), kadar kolesterol dalam darah selain dari asupan makanan juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetika.

“Kolesterol juga diproduksi sendiri oleh tubuh dalam organ hati, yaitu sebanyak 80 persennya. Sehingga kadar kolesterol tidak bisa diindikatori dari berat badan. Apabila orang kurus, namun memiliki risiko kolesterol dari keturunannya, bisa saja kadarnya lebih tinggi dari orang gemuk,” ungkap Dedy.

Deddy menekankan, tingginya kadar kolesterol perlu diwaspadai karena menjadi salah satu faktor risiko Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang merupakan penyakit penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Selain itu, kolesterol juga dapat dikorelasikan pada penyakit kardiovaskular lain.

Kolesterol, papar Dedy, sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki fungsi penting, diantaranya menyusun struktur membran sel, sebagai pelindung kulit dari racun dan kekeringan kulit, prekursor hormon steroid, prekursor asam empedu, dan pembentukan vitamin D (bersama sinar UV). Namun apabila jumlahnya tidak sesuai maka akan menyebabkan gangguan-gangguan kesehatan.

Dedy juga mengatakan penurunan kolesterol 10 persen saja sudah dapat menurunkan 50 persen resiko penyait jantung. Oleh karenanya, sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol apabila sudah melebihi batas normal. Batas normal kolesterol total adalah di bawah 200 mg/dL, dengan trigiserida kurang dari 150 mg/dL, HDL (kolesterol baik) adalah di atas 60 mg/dL, sedangkan LDL  (kolesterol jahat) adalah kurang dari 130 mg/dL.

Tes kadar kolesterol teratur sangat disarankan oleh Dedy. “Mulai usia 20 tahun sebaiknya dilakukan pemeriksaan. Namun apabila memiliki keturunan kolesterol dapat dilakukan lebih awal, bahkan dari usia kanak-kanak,” ujarnya

Strategi memperbaiki kadar kolesterol menurut Dedy sebenarnya mudah. Antara lain dengan mengatur pola makan, memperbanyak aktivitas fisik, berhenti merokok, mengurangi stres, mengontrol berat badan, mengubah gaya hidup, dan nutritional genomics. Strategi ini juga dapat diterapkan apabila kadar jenis kolesterol tertentu tidak sesuai. Dengan hanya senantiasa menjalani gaya hidup sehat, kadar kolesterol dapat terus dijaga tetap normal.

(sumber :http://health.kompas.com)

Mengubah Budaya BAB Sembarangan

Kendati sudah mendapat bantuan dana pembangunan jamban dari pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat, tak banyak warga di Kabupaten Grobokan, Jawa Tengah yang memanfaatkannya. Untuk buang air besar, mereka tetap melakukannya di sungai, sawah, atau kebun.

Selama berpuluh-puluh tahun mereka melakukan kebiasaan tersebut tanpa menyadari perilaku itu sebenarnya mengundang penyakit. Penyakit diare misalnya, akrab dengan mereka. Menurut data Dinas Kesehatan Grobokan, pada tahun 2009 angka kejadian diare pada anak balita mencapai 12.379.

“Setelah bertahun-tahun menggunakan cara pendekatan sistem subsidi atau pembangunan infrastuktur jamban, angka buang air besar ternyata tetap tinggi. Baru setelah dievaluasi di tahun 2008 diketahui bahwa kuncinya bukan infrastuktur tetapi perubahan perilaku,” kata Eka Setiawan, manajer program WASH Plan Indonesia, di Grobokan, Rabu (5/12/12).

Kemudian Plan Indonesia, lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang peningkatan kualitas kesehatan dan hidup anak, bersama dengan pemerintah mulai menggiatkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di 149 desa dari total 153 desa di Grobokan. Fokus program STBM adalah menumbuhkan kesadaran setiap warga untuk membangun toilet sendiri.  Akan tetapi, pendekatannya tidak lewat penyuluhan yang terkesan normatif, namun setiap kader di desa yang sebelumnya sudah dilatih aktif menyadarkan masyarakat akan rasa malu jika BAB sembarangan, atau jijik karena meminum air yang berasal dari sungai yang tercemar tinja.

“Pada intinya kami berusaha menunjukkan sisi negatif dari BAB sembarangan,” kata Arief Orbandi, dari kelompok kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Kabupaten Grobokan.

Salah satu partisipasi aktif dari masyarakat misalnya dilakukan oleh Syafaat (64) dari Desa Sumur Gede, Kecamatan Godong, Grobokan yang mendapat gelar polisi tinja. Setiap subuh ia berkeliling kampung menyusuri sungai. Kegiatan itu dilakukan untuk mengetahui apakah ada warga yang BAB di sungai. Bila ia menemukan, ia lantas mengatur strategi supaya warga itu merasa tidak nyaman dan malu sehingga kapok BAB di sungai lagi.

Syafaat adalah salah satu warga yang mendapat sosialisasi program STBM dari Plan Indonesia. Selain di Grobokan, kegiatan itu juga dilakukan di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta Jawa Timur. Gencarnya program STBM mulai membuahkan hasil. Menurut Wakil Bupati Grobokan, Icek Baskoro, saat ini 149 desa dari 153 desa dinyatakan sebagai desa ODF (open defecation free) alias tidak lagi melakukan BAB sembarangan.

“Sejak tahun 2008 sampai saat ini sudah 23.400 jamban yang dibangun secara mandiri oleh masyarakat. Kami targetkan sampai akhir tahun 2015 seluruh wilayah Grobokan sudah ODF, saat ini sudah mencapai lebih dari 90 persen,” katanya dalam acara penutupan program STBM di Grobokan.

Ia menambahkan, yang menarik dari program STBM adalah tidak membutuhkan dana besar seperti halnya pemberian subsidi pembangunan jamban.

“Untuk membangun satu jamban diperlukan dana sekitar satu juta. Kalau satu desa ada 500 kepala keluarga maka pemerintah perlu menyediakan 500 juta untuk satu desa. Ini besar sekali. Dengan STBM hanya diperlukan 3-5 juta untuk program sosialisasi tetapi dampaknya lebih besar,” katanya.

Selain di Grobokan, STBM juga giat dilakukan di berbagai desa di seluruh tanah air yang dilakukan bersama pemerintah daerah dengan LSM dan masyarakat. Hingga akhir tahun 2014 ditargetkan 20.000 desa dapat menerapkan STBM. Grobokan bisa menjadi contoh betapa urusan buang air besar masih menjadi masalah di Indonesia. Tahun 2010, sebanyak 42 juta penduduk Indonesia masih melakukan BABS. Jumlah ini sudah turun dibandingkan tahun 2007 sebesar 71 juta.

(sumber :http://health.kompas.com)

Cegah Flu, Hindari Kebiasaan Sentuh Wajah

Mencuci tangan lebih sering saja ternyata belum cukup untuk mencegah kita tertular flu di musim pancaroba seperti sekarang. Ada satu cara yang harus dilakukan, yakni berhenti dari kebiasaan menyentuh wajah.

Para peneliti mengungkapkan, sebenarnya manusia kerap mendatangkan kuman dan bakteri ke tubuhnya sendiri dengan cara menyentuh wajah, terutama bagian hidung dan mulut, dengan tangan yang kotor. Kebiasaan itu bisa menyebabkan penyakit.

“Ada banyak hal yang terjadi setelah kita mencuci tangan dengan sabun sehingga tangan kembali terkontaminasi,” kata ketua peneliti Dr.Waldimir Alonso dari National Institute of Health di Bethesda Maryland.

Dr.Alonso dan timnya secara random memilih 249 orang di tempat-tempat umum seperti di kereta bawah tanah Washington D.C dan di Brazil untuk diobservasi.

Rata-rata setiap orang menyentuh berbagai objek dan permukaan 3,3 kali per jam dan mereka menyentuh wajah sekitar 3,6 kali per jam. Selain itu tangan kita juga mendapatkan bakteri dan kuman lebih cepat dibanding saat mencuci tangan.

“Di musim penyakit flu sebaiknya kita menghindari dan mengurangi menyentuh-nyentuh wajah serta mencuci tangan lebih sering,” katanya.

Kendati begitu, menurutnya hal itu hanya berlaku jika di sekitar kita banyak orang yang sedang sakit flu. Tubuh kita juga sebenarnya memiliki sistem imun yang akan melawan kuman penyakit.

Sumber :

Cuci Tangan Pakai Sabun Selamatkan Jiwa

Jakarta, Kompas – Perilaku sederhana, mudah, dan murah, seperti cuci tangan pakai sabun, dapat menyelamatkan anak dari ancaman penyakit, antara lain diare dan infeksi saluran pernapasan akut. Di Indonesia, diperkirakan ribuan anak meninggal karena penyakit itu.

Menurut perwakilan Dana PBB untuk Anak-anak (Unicef) untuk Indonesia, Angela Kerney, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan 31.200 anak balita di Indonesia meninggal tiap tahun karena diare.

Hal itu dikemukakan Kerney pada peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia Ke-5 di kompleks SDN 04, 05, dan 06 Karet, Jakarta, Senin (15/10). Di dunia diperkirakan 1,87 juta anak balita terancam diare. Diare jadi penyebab kematian bayi dan anak balita kedua terbanyak setelah pneumonia.

Dalam sambutan, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan, menanamkan kebiasaan mencuci tangan pakai sabun harus sedini mungkin. Nafsiah berpesan agar anak-anak mencuci tangan sebelum makan, setelah buang air, serta setelah kontak dengan tanah dan binatang.

Ia mengutip data WHO, perilaku mencuci tangan pakai sabun mengurangi angka kejadian diare 45 persen, mencegah penyebaran kecacingan,

menurunkan kasus infeksi saluran pernapasan akut, dan flu burung hingga 50 persen. Penyakit mata dan infeksi kulit dicegah. Jika perilaku itu diikuti pembangunan sanitasi berbasis masyarakat, seperti jamban sehat, aliran air bersih, drainase, dan lingkungan yang bersih, kasus-kasus tersebut dapat turun hingga 90 persen. Selain dari masyarakat dan pemerintah, dana pembangunan diharapkan didapat dari tanggung jawab sosial perusahaan.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes Tjandra Yoga Aditama menyatakan, peringatan global Hari CTPS Sedunia Ke-5 mengusung tema ”More than Just a Day”. Tema nasionalnya ”Anak Sehat Dimulai dari Tangan Sehat”. Hal itu untuk mengingatkan kembali pentingnya cuci tangan pakai sabun dalam kehidupan sehari-hari. (INE)

(sumber :http://health.kompas.com)

7 Makanan Terbaik untuk Pencernaan

Dalam memilih makanan terbaik untuk kesehatan pencernaan, mungkin yang terpenting adalah makanan itu tidak menyebabkan gejala atau keluhan apa pun. Dengan kata lain, makanan yang bagus itu bisa membuat proses pencernaan lebih mudah.

Apa saja makanan yang bagus dan makanan yang sebaiknya dihindari demi pencernaan sehat? Berikut saran dari para ahli.

Terbaik

1. Sayur dan buah
Makanan ini adalah sumber serat yang akan melancarkan proses pencernaan dan pembuangan. Sebaiknya kita mengonsumsi serat 20 – 30 gram setiap hari atau setara dengan 5-7 sajian buah dan sayur.

2. Biji-bijian utuh
Sumber makanan biji-bijian utuh antara lain beras merah dan gandum. Namun nasihat ini mungkin tidak berlaku untuk mereka yang punya penyakit kronik seperti sakit celiac atau sensitif pada gluten.

3. Pisang
Pada dasarnya semua jenis buah bagus untuk pencernaan, tetapi pisang sangat dianjurkan karena tidak mengiritasi perut. Buah ini juga disarankan untuk mereka yang sedang menderita diare atau mual dan muntah.

4. Air
Konsumsi air yang cukup sangat diperlukan untuk membantu pencernaan sehat.

5. Jahe
Herbal dan rempah seperti jahe, pepermint, atau turmeric adalah sahabat bagi perut yang sedang bermasalah. Buatlah teh jahe untuk meredakan gangguan pencernaan.

6. Sumber probiotik
Probiotik mengandung bakteri baik yang akan mengembalikan keseimbangan bakteri jahat di usus. Sebaiknya pilih produk yang mengandung bakteri hidup seperti yogurt dan kefir.

7. Sumber prebiotik
Prebiotik adalah sumber makanan probiotik yang diperlukan untuk bakteri baik. Prebiotik ditemukan pada biji-bijian utuh, bawang, asparagus, dan kacang lentil.

Sebaliknya, hindari makanan yang akan memicu gejala refluks dan rasa nyeri di tenggorokan seperti makanan pedas, alkohol, kafein, soda, atau mengandung lemak jenuh tinggi.

(sumber :http://health.kompas.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s